perusahaan pma di yogyakarta indonesia

Mengapa Sebaiknya Mendirikan PT PMA untuk Bisnis di Yogyakarta?

InCorp Editorial Team

Daftar Isi

Sebagai salah satu lokasi bisnis terbaik bagi pengusaha untuk mendirikan perusahaan asing yang disebut perusahaan PMA (PT PMA) di Indonesia, Yogyakarta memiliki banyak faktor yang menarik investasi modal asing.

Secara umum, Yogyakarta menikmati keuntungan kompetitif yang kuat dibandingkan banyak kota lain di Asia Tenggara, terutama dalam cepatnya perkembangan ekosistem digital dan startup berteknologi tinggi.

Infrastruktur yang maju, insentif pajak yang menarik, melimpahnya tenaga kerja muda dan kondisi sosial politik yang stabil juga menempatkan Yogyakarta dalam daftar teratas tujuan investasi dan berbisnis di Indonesia.

Berikut alasan lengkapnya untuk memulai usaha di Yogyakarta.

Mengapa Mulai Bisnis di Yogyakarta

1. Pendidikan, Tenaga Kerja dan Talenta Berkualitas Tinggi 

Terdapat populasi muda yang besar di Yogyakarta terutama di Kota Pelajar, tempat berkumpulnya mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Kurang lebih 37,5% populasi Yogyakarta berusia di bawah 24 tahun; 49,1% nya berusia antara 25 dan 59 tahun.

Oleh karena itu, sebagai pusat pendidikan dengan begitu banyak talenta dan tenaga kerja muda berpendidikan, pantas saja sejumlah besar pengusaha tak ragu memilih untuk menjalankan bisnis di Yogyakarta.

2. Meledaknya Startup Digital dan Kreatif

Startup digital dan kreatif telah bermunculan dan beberapa telah meraih kesuksesan signifikan.

Ekosistem digital yang makmur juga didukung dan ditingkatkan oleh inkubator digital, ruang coworking, seminar dan konferensi, pusat kreatif dan kebijakan pemerintah.

Beberapa startup digital populer di Yogyakarta yaitu Fitinline, Sale Stock Indonesia, Culinary, dan Kulina.

3. Dukungan Pemerintah dan Rendahnya Biaya

Rendahnya biaya dan inisiatif dukungan pemerintah Indonesia adalah salah satu kunci utama begitu banyak pengusaha asing mendirikan startup di Yogyakarta.

Biaya gaji, sewa dan utilitas jauh lebih murah di Yogyakarta apabila dibandingkan kota-kota utama lain di Indonesia.

Juga, bagian terbaik adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal di Indonesia membantu startup Yogyakarta, terutama di bidang Teknologi Informasi (TI) untuk memperoleh talenta terbaik.

4. Infrastruktur Transportasi yang Lebih Baik

Untuk dapat memenuhi peningkatan pengunjung asing, infrastruktur transportasi di Yogyakarta telah membaik juga, secara cepat. Pada 2019, sekitar 7,2 juta pengunjung tiba di Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Kabupaten Slemen. Bandar udara baru lain di kota akan mulai beroperasi pada 2020.

Mengapa Mendirikan Perusahaan PMA, Bukan Badan Usaha Lain

Ada beberapa jenis badan usaha yang dapat Anda dirikan di Indonesia. Mereka adalah perusahaan lokal PT, kantor perwakilan, CV, kantor cabang dan perusahaan asing PMA.

Untuk investasi asing di Yogyakarta, PT PMA adalah jenis struktur bisnis yang paling cocok bagi investor asing dibandingkan jenis badan usaha lainnya karena begitu banyak keuntungan yang ditawarkan.

  1. PT PMA dapat mensponsori karyawan asing jika memenuhi kriteria yang ditentukan. Karyawan asing ini dapat menjabat sebagai direktur, komisaris dan pemegang saham asing lain.
  2. PT PMA dapat dengan lebih mudah memperoleh izin dan lisensi. Penerbitan izin membutuhkan waktu lebih sebentar.
  3. Anda dapat menikmati bea impor yang lebih rendah karena PT PMA memenuhi syarat untuk manfaat pajak dan keuangan tertentu menurut hukum di Indonesia.

Bagaimana Cekindo dapat Membantu Pendirian PT PMA di Indonesia

Pasar yang menjanjikan dan tenaga kerja yang melimpah ruah menjadikan Indonesia, dan banyak kotanya termasuk Yogyakarta, lokasi ideal untuk Anda mendirikan perusahaan asing.

Setiap tahun, ribuan pemilik bisnis mendaftarkan perusahaan asing di Indonesia untuk memanfaatkan akses mudah terhadap modal dan keuntungan pajak korporat.

Cekindo telah secara konsisten diakui oleh para klien dan profesional sebagai salah satu perusahaan konsultan terkemuka di Indonesia. Kami dapat membantu Anda mendirikan perusahaan pma di Indonesia yang mematuhi regulasi birokrasi dan undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku.

Mulai dengan menghubungi Cekindo sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan inkorporasi perusahaan penanaman modal asing di Indonesia. Lengkapi form berikut. 

Pandu Biasramadhan

at InCorp Indonesia

Seorang profesional selama lebih dari 10 tahun, Pandu Biasramadhan, memiliki latar belakang yang luas dalam memberikan solusi bisnis berkualitas tinggi dan komprehensif untuk perusahaan di Indonesia dan mengelola saluran kemitraan regional di seluruh Asia Tenggara.

Hubungi kami.

Lead Form ID

Pertanyaan yang sering diajukan